Blog tentang review dan tutorial blogger.

Search This Blog

Friday, June 21, 2019

Cara Menginstall Phoenix OS Menggunakan Installer Di Windows 10 (Dual OS)

Selamat pagi/siang/sore/malam manteman semuanya, kembali lagi dengan saya dengan cerita lainnya tentang Phoenix OS. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menginstall Phoenix OS di Windows 10. Ada dua cara Instalasi Phoenix OS ini, yang pertama menggunakan EXE Installer langsung di dalam sistem operasi Windows dan yang kedua menggunakan file ISO melalui bios. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas instalasi Phoenix OS menggunakan EXE Installer dan untuk instalasi Phoenix OS yang menggunakan file ISO terus terang saya belum pernah melakukannya.

Download Phoenix OS Installer

Pertama kita download dulu Installer nya dari situs official nya di sini, pilih yang EXE Installer (For Windows). Ukuran file installernya pada saat saya menulis artikel ini sekitar 673.2 MB untuk rilis terakhir tanggal 2019/04/12. Dan pada waktu saya klik link downloadnya ternyata bukan direct link yang saya dapat melainkan di arahkan ke situs download MEGA, jadi saran saya kita buat dulu akun di MEGA dan download file Phoenix EXE Installernya menggunakan MEGAsync biar bisa langsung di download ke hard disk drive kita.
Download PhoenixOS menggunakan MEGAsync

Instalasi Phoenix OS Menggunakan Installer

Setelah download selesai buka folder tempat kita tadi menyimpan Phoenix EXE Installernya. Instalasinya sangat mudah sekali seperti kita menginstall software Windows pada umumnya. Untuk lebih jelasnya saya jelaskan langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Pertama

Klik dua kali Phoenix OS installernya kemudian jika muncul UAC klik saja yes, setelah itu akan muncul tiga pilihan yaitu Install, Make U Disk dan Uninstall. Untuk kali ini kita akan memilih pilihan install tentunya. Klik Install.
Pilihan Instal, Make U Disk dan Uninstall

Kedua

Setelah itu akan muncul pilihan dimana kita akan menginstall Phoenix OS ini. Pilih drive yang masih lega space-nya karena Phoenix OS ini akan memakan tempat minimal 4 GB. Kemudian klik Next.
Pilih drive

Ketiga

Kemudian akan muncul pilihan berapa GB kita akan mengalokasikan hard disk kita untuk Phoenix OS ini. Saran saya pilih saja ukuran yang agak besar yaitu 16 GB. Untuk info, semakin besar ukurannya semakin lama instalasinya. Kemudian klik Install.
Pilihan ukuran OS di drive

Proses Instalasi

Setelah mengklik next proses instalasi akan berjalan dan destinasi instalasinya yaitu di drive yang telah kita pilih tadi. Proses instalasi memakan waktu 2 sampai 5 menit untuk ukuran 8 GB dan saya memilih ukuran 16 GB yaitu dua kali lipat dari ukuran standard penginstalan, jadi di perkirakan akan memakan waktu 10 menitan.
Proses instalasi

Reboot & Langsung Masuk Ke Phoenix OS

Setelah menunggu 10 menitan bahkan mungkin kurang muncul notifikasi dari Phoenix OS Installer bahwa instalasi telah selesai dan saya harus merestart laptop saya.
Instalasi selesai dan harus restart
Laptop pun saya restart dan kemudian setelah bios langsung masuk ke Phoenix OS. Lo ko langsung masuk ke Phoenix OS pilihan dual bootnya mana? Oke jangan panik, saya pun dulu berpikiran kalo saya gagal menginstal Phoenix OS dan menyebabkan boot Windows menghilang tapi sebenarnya tidak.

Setup Phoenix OS

Ketika pertama kali masuk ke Phoenix OS akan ada setup seperti pertama kali kita menghidupkan smartphone baru berbasis android, bedanya ini Phoenix OS lo ya tapi masih android juga sih. Setelah setup selesai maka kita akan melihat desktop Phoenix OS yang ciamik sekali.
Desktop Phoneix OS

Reboot & Opsi Dual Boot

Terus gimana masalah dual bootnya? Gampang ko kamu tinggal restart laptop kamu dari Phoenix OS ini dan selanjutnya akan ada opsi dual boot Windows 10 dan Phoenix OS setelah logo Windows 10.

Kesimpulan

Cara instal Phoneix OS menggunakan EXE Installer ini merupakan cara yang termudah menurut saya tapi ada satu kekurangannya yaitu terlihatnya direktori Phoenix OS di drive yang kita pilih tadi.
Phoenix OS Folder
Direktori ini dan dalamnya jangan dihapus ya, penting banget. Kalau instalasi menggunakan ISO biasanya membuat partisi dan terpisah dari partisi lainnya, tapi ga tau juga sih soalnya saya belum pernah menginstall Phoenix OS menggunakan ISO. Saya sarankan jika kamu tertarik menginstall Phoenix OS ini gunakan yang EXE Installer karena instalasinya yang mudah dan user friendly.

Akhir Kata

Oke segitu dulu cerita saya tentang pengalaman saya menginstall Phoenix OS menggunakan installer EXE di Windows 10. Maaf apabila ada kesalahan karena saya masih belajar dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Akhir kata terima kasih untuk kalian yang membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment

© Mag 2019. Powered by Blogger.