Blog tentang review dan tutorial blogger.

Search This Blog

Thursday, June 20, 2019

Cara Upload File Gambar, JS, CSS, Font Ke Github Untuk Kemudian Digunakan Di Blogger

Selamat sore manteman, kali ini aku bakalan menceritakan pengalamanku menghosting file ke sebuah situs bernama github yang kemudian file tersebut di salurkan oleh situs penyedia free CDN untuk kemudian di pakai di blog kita. Jiah dari penjelasannya aja udah ribet. Tapi emang ribet sih, namanya juga gratisan mana ada yang enak. Terus gimana caranya biar kita bisa memakai file javascript, CSS, gambar ataupun font di blog kita? Oke simak langkah-langkah nya berikut ini.

Daftar Ke Github

Langkah pertama kita bakalan mengunggah file -file kita ke github. Di github ini kita hampir bisa mengupload apa saja. Oke kita bicara tentang file-file yang pernah aku upload ke github aja ya, contohnya adalah JS, CSS, HTML, PHP, JPG aduh banyak deh yang berhubungan sama pemrograman dan multimedia aja pokonya.
Untuk daftar kamu bisa mengunjungi github.com. Kemudian isi form daftarnya dengan data kamu.
Daftar di github
Setelah daftar dan memverifikasi email kita akan ditanya beberapa pertanyaan tentang buat apa kita membuat akun github. Jawab aja yang sebenarnya kalo kita akan menghosting project kita di github. Setelah selesai menjawab pertanyaan kita disarankan membuat repository dulu, di repository inilah nanti kita bakalan upload file-file kita. Buat repository dengan nama "project" atau "blogger" atau terserah kalian senengnya apa. Kemudian pilih public dan klik tombol "Create Repository".
Membuat repository

Membuat Folder di Repository Github

Kemudian kita akan membuat folder di dalam repository sesuai dengan ektensi filenya supaya nanti mudah pengelolaan filenya. Di halaman repository yang telah kita buat pilih "Create New File" seperti gambar di bawah ini.
Di halaman berikutnya adalah halaman Create New File disini memang tidak ada menu atau tombol untuk membuat folder. Namun di halaman ini ada input text yang disediakan untuk menamai file kita, nah di input field inilah kita akan membuat directory folder kita. Coba perhatikan gambar di bawah ini.
Coba perhatikan URL yang diawali dengan nama repository yang telah kita buat yaitu "blogger". Nama repository yang telah kita buat itu di ikuti nama folder lalu nama file percobaan kita. Tadinya nama folder itu tidak ada namun saya menambahkan nama "img" di ikuti dengan slash atau tanda "/" untuk membuat directory folder. Kemudian nama filenya jangan lupa, tanpa file tersebut kita tidak akan bisa membuat folder. Kemudian klik "Commit new file" di bagian bawah. Oia untuk nama file dan ekstensi nya apa saja namun saya sarankan namanya "readme" dan berekstensi ".md". Untuk selanjutnya kamu bisa membuat folder untuk ekstensi atau jenis file yang lain dengan cara di atas. Dan untuk upload file tinggal klik saja menu upload di direktori folder yang telah kita buat.

Menggunakan File Github Melalui Free CDN

Setelah file di upload di github kita tidak bisa langsung menggunakannya di blog kita. Kita harus menggunakan jasa pihak ke tiga untuk menjadikan file tersebut bisa di gunakan di blogger, biasanya sih disebut CDN yang merupakan kependekan dari Content Delivery Network. Dahulu kala ada free CDN yang terkenal banget yaitu rawgit namun menurut kabar di situs resminya rawgit telah mengakhiri masa layanannya dan akan benar-benar ditutup pada oktober 2019.
Oke walaupun demikian masih ada alternative selain rawgit di luar sana, diantaranya adalah Staticaly dan Githack yang sering saya gunakan.
Cara menggunakan free CDN ini cukup mudah kita hanya perlu menyalin URL file yang kita upload ke github kemudian pastekan di situs free CDN yang sudah saya sebutkan tadi. Oke sebagai contoh saya menggunakan logo blog saya yang saya hosting di github, kemudian saya akan menggunakan free CDN agar logo tersebut bisa digunakan di blog saya.
Halaman free CDN Staticaly
Gambar di atas adalah halaman di situs Staticaly. Cara penggunaannya masukan link file github kita di bagian atas, kemudian akan muncul link yang bisa kita gunakan di bagian bawah setelah "Use this URL in production". Salin URL tersebut dan gunakan URL tersebut untuk di pasang di blog kita. Seperti yang telah saya utarakan di awal kita bisa menggunakan banyak jenis file. Untuk para blogger yang sering ngoprek template blognya seperti saya tentu ini adalah surga hosting gratis yang bisa digunakan untuk menghosting JavaScript, CSS, HTML dan masih banyak lagi.

Akhir Kata

Oke segitu dulu cerita saya tentang pengalaman saya menghosting file ke github untuk kemudian digunakan di blogger. Maaf apabila ada kesalahan karena saya masih belajar dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Akhir kata salut untuk kalian yang membaca artikel ini dari awal sampai akhir, kurang dan lebihnya saya ucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

© Mag 2019. Powered by Blogger.