Blog tentang review dan tutorial blogger.

Search This Blog

Sunday, June 23, 2019

Libra: Mata Uang Kripto Milik Facebook

Akhir-akhir ini berhembus kabar tentang raksasa sosial media Facebook yang sedang membuat mata uang kripto atau cryptocurrency. Facebook berencana untuk meluncurkan cryptocurrency yang diharapkan akan "mengubah ekonomi global." Mata uang itu bernama Libra.

Tentang Libra

Ketika nanti dirilis pada tahun 2020 atau sebelumnya, Libra akan menjadi stablecoin yaitu cryptocurrency yang tidak terlalu berfluktuasi. Tidak seperti cryptocurrency lainnya, Libra akan menjadi mata uang kripto yang didukung oleh cadangan aset dunia nyata seperti deposito bank dan surat berharga pemerintah jangka pendek, termasuk juga mata uang internasional yakni dolar Amerika Serikat (AS), euro, poundsterling, yen, dan franc.

Proyek Ambisius

Libra sedang dikembangkan oleh Facebook dengan menggandeng banyak pemain besar seperti PayPal, Ebay, Vodafone, Mastercard, Visa dan raksasa teknologi lainnya. Kita akan dapat mengirim Libra di dalam Facebook Messenger dan WhatsApp. Libra dimaksudkan sebagai perantara untuk mentransfer mata uang tradisional. Facebook berharap Libra akan diterima sebagai bentuk pembayaran dan layanan keuangan lainnya. Untuk membeli Libra, orang-orang bisa mentransfer menggunakan akun bank mereka atau bahkan melakukannya dengan menukarkan uang cash ke outlet atau bank tertentu.

Dompet Digital

Facebook juga meluncurkan anak perusahaan bernama Calibra yang akan mengembangkan produk dan layanan di sekitar Libra. Di situlah Facebook berniat untuk menghasilkan uang dari cryptocurrency, dan itu akan dimulai dengan peluncuran dompet digitalnya yang juga bernama Calibra. Calibra juga akan menangani integrasi Libra dengan produk-produk Facebook lainnya.

Perbedaan Libra Dengan Bitcoin

Walaupun sama-sama berbasis blockchain, Libra sangat berbeda dengan Bitcoin. Dari segi penggunaan, Libra lebih sebagai alat pertukaran dimana penggunanya bisa saling mengirim uang dan melakukan transaksi lainnya. Konsep dari Libra adalah seperti mata uang tradisional yang di digitalkan.
Di sisi lain Bitcoin lebih sering digunakan sebagai alat investasi dimana penggunanya bisa menyimpan uang yang kemudian nilainya akan fluktuatif. Bitcoin juga bisa didapatkan dengan cara mining menggunakan peralatan khusus maupun melalui layanan jasa cloud mining. Oleh karena itu Bitcoin sering disebut sebagai emas dalam bentuk digital.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan tentang Libra, cryptocurrency milik Facebook. Maaf apabila ada kesalahan karena saya masih belajar dan saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Akhir kata terima kasih untuk kalian yang menyempatkan waktu membaca tulisan ini dari awal sampai akhir, semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

8 comments:

  1. Replies
    1. OVO itu lebih ke e-money sedangkan Libra adalah jenis mata uang kripto. Kalau maksudnya Libra mirip seperti OVO yaitu sebagai alat kirim uang dan alat pembayaran itu sangat mungkin sekali benar. Kita tunggu saja.

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama mata uang kripto, tetapi konsepnya berbeda gan. Di Libra ga ada mining.

      Delete
  3. Tanda tanda kemantian uang kertas jika semakin banyak transaksi yang dilakukan secara digital.

    Saya jadi ingat hadist dari Rasulullah yang intinya di akhir zaman kita akan kembali memakai dinar dan dirham.

    ReplyDelete
  4. wihh baru denger nih, thank infonya gan

    ReplyDelete

© Mag 2019. Powered by Blogger.