Blog tentang review dan tutorial blogger.

Search This Blog

Saturday, June 15, 2019

Review Dodocool Adapter USB 3.0 Ke USB Type-C

Beberapa bulan yang lalu aku membeli smartphone Pocophone F1 dari merek Xiaomi. Smartphone ini mempunyai kemampuan mumpuni untuk gaming namun harganya relatif terjangkau di bandingkan dengan smartphone sekelasnya. Kelebihan lainnya adalah smartphone ini sudah menggunakan USB Type C yang cukup populer akhir-akhir ini. USB Type C memiliki kecepatan transfer data hingga kecepatan 10 Gbps, mempunyai spesifikasi daya hingga 100 Watt dan terdapat 24-Pin kecil di dalamnya. Jelas dengan memiliki device yang mendukung USB Type C maka kita akan lebih mudah dan lebih cepat dalam mentransfer data. USB Type C juga sudah mendukung fitur fast charging.
Namun disini aku bakalan ngebahas tentang sebuah adapter yang bisa menghubungkan sebuah USB 3.0 flash drive dengan port USB Type C. Aku mempunyai sebuah dual flash drive, USB 3.0 dan USB OTG berukuran 16 GB. Sedangkan smartphoneku mempunyai port USB Type C maka sangat disayangkan apabila tidak bisa digunakan, kan lumayan buat mindahin atau nyimpen data.

Nyari Adapternya Di Online Market

Aku kemudian nyari adapter USB 3.0 ke USB Type C di online market. Ternyata banyak banget bentuk nya dan harganya bervariasi mulai dari yang Rp. 5.000 sampai yang harga dia atas Rp. 100.000. Aku milih yang di tengah-tengah aja harganya dan aku nyari yang kualitasnya menurutku lumayan bagus. Aku dapetnya di Tokopedia, mereknya Dodocool dan harganya Rp. 47.000 belum termasuk ongkos kirim. Kemudian aku beli dan 2 hari kemudian barangnya nyape dirumah. Ini dia penampakan barangnya.
Merek nya Dodocool
Port USB 3.0
USB Type C

Pemakaian

Setelah aku pake di smartphone Pocophone F1 ku performanya lumayan bagus. Walaupun aku pernah mengalami error yaitu tiba-tiba mengeject dengan sendirinya tapi itu mungkin dikarenakan software error karena aku juga menginstal SanDisk Memory Zone dan mungkin crash karena mendeteksi dan berjalan secara bersamaan dengan aplikasi bawaan sistem android (Kebetulan flash drive ku mereknya SanDisk dan aplikasi SanDisk Memory Zone adalah aplikasi bawaan nya). Aku pernah menginstal aplikasi dari TWRP di Pocophone F1 ku ini dengan menggunakan adapter ini dan hasilnya lancar.

Keyword & Link Pembelian

Aku menggunakan keyword "USB to type-c converter" di google ataupun di online market, hasilnya di jamin bakalan muncul banyak produk-produk seperti itu. Kalian bisa juga mengganti kata converter menjadi adapter. Sekian share pengalamanku dengan adapter USB 3.0 ke USB Type C. Untuk kalian yang berminat membeli produk yang sama sepertiku, aku sediakan linknya di akhir postingan ini.

No comments:

Post a Comment

© Mag 2019. Powered by Blogger.